Pendalaman Ilmu Nahwu dengan Metode Diskusi di Asrama Darus Shibyan

  • Ahmad Mizan Rosyadi Abdul Jalil Mannan IAI Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember
  • Muhammad Mundhir Nadhir
Keywords: Nahwu Science, discussion method, Learning

Abstract

Deepening the science of Nahwu is very urgent, because Nahwu science is a tool science that must be mastered before studying other sciences. The application of the discussion method is very effective for the marhalah ibtidaiyah students in the Darus Shibyan dormitory who in fact still find it difficult to understand the basics of Nahwu. The aim of this research is to assist the students of the Darus Shibyan dormitory to be more in-depth and critical in the Nahwu science lessons, so that they can understand Arabic. The methods used are community development and discussion practice. The data collection technique uses observation and documentation. As a result of this research, the students of the Darus Shibyan boarding school were able to understand the basic Nahwu rules, and were able to describe I'rab and its position. This identifies that the discussion method is an alternative step to deepen Nahwu knowledge.

References

Ahmad, M., Tambak, S., Siwal (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqih. Jurnal Al-Hikmah Vol. 15 No. 1. 60-79.

Aliyah, A. (2018). Pesantren tradisional sebagai basis pembelajaran nahwu dan sharaf dengan menggunakan kitab kuning. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(1), 1-25.

Asiah, A., Zamroni, Z., & Rijal, M. (2022). Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia. Borneo Journal of Language and Education, 2(2), 170-185. https://doi.org/10.21093/benjole.v2i2.6104

Dodi, L. (2013). Metode Pengajaran Nahwu Shorof; ber-Kaca dari Pengalaman Pesantren. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman ,1 (1), 100-122.

Fikri, W. N. (2018). Implementasi Metode Amtsilati Dalam Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Demak. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 126-137.

Ghofur, M., & Islamiyyah, D. (2022). Pendampingan Santri Kelas 1 Tsanawiyyah Ponpes Assunniyyah dalam Pengenalan I’rab (Kitab I’anah At Thullab). An-Nuqthah, 2(1), 23-29. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/An-Nuqthah/article/view/1008

Ibrahim, U. F. I. (2022). KARAKTERISTIK I’RAB DAN SOLUSI PEMBELAJARANNYA. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 82-94.

Irwan, Hasbi, Rosdiana (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education Vol. 1, No.1, Juli 2018. 43-54.

Latifah, L. (2013). Metode Diskusi Kelompok Berbasis Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01. 15-20.

Ma'duali, Firman, Siskandar, dan Akhmad Sunhaji. 1. “Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Pembelajaran Kitab-Kitab Salaf” IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam 2 (02), 232-53. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.35.

Masrukin, A., & Makhromi. (2021). Pembelajaran Nahwu di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial Indonesia , 2 (1), 45-56. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1883.

Mualif, A. (2019). Metodologo Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal AL-HIKMAH Vol 1, No 1, 26-36

Muhammad Muammar Husein, PENERAPAN METODE SYAWIR DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Muttakin, A. I., Faishol, R., Sidon, B, A., Humairoh, Y (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Semester Genap di SMA Negri Darussholah Singojuruh. INCARE: International Journal of Educational Resources. Volume 02, Number 01, 27-38

NASUTION, Mardiah Kalsum. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika , [Sl], v. 11, n. 01, hal. 9 - 16, mar. 2018. ISSN 1978-8169. Tersedia di: < http: //www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515 >.

Nasution, M, D. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1. 9-16.

Prihatiningtyas, S., Hidayah, N., Husna, A. L. ul, Ubaidillah, U., Syafiullah, M., & Jainuri, A. (2021). Pemberdayaan Santri Ponpes Sabilul Huda sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Shorof Melalui Metode Kitab Al Miftah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–48. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1131

Sa’adahN. (2019, December 3). Problematika Pembelajaran Nahwu bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 15-32. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Susanti. (2013). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan kemampuan Berbicara Siswa kelas IV SDN Ogogili. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8. 159-172.

Takwim, M., Mustafa, M., Kartini, K., Pamessangi, A. A., & Syamsuddin, N. (2021). Pelatihan Membaca Kitab Kuning bagi Penghulu Kementerian Agama Kabupaten Luwu Utara. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 406-418.

Thoha, M. (2021). Reformulasi Model Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 453-464

WAHYONO, I. STRATEGI KIAI DALAM MENSUKSESKAN PEMBELAJARAN NAHWU DAN SHOROF DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGALBESAR KALIWATES JEMBER. Jurnal Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam , [Sl], v. 3, n. 2, hal. 106-121, sep. 2019. ISSN 2622-1942. Tersedia di: < http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/262 >. s

Yakin, A. (2020). Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Menurut Prespektif Islam. Annual Conference on Islamic Education and Thought Vol. I, No. I. 157-165 .

Published
2023-11-30
How to Cite
Mannan, A., & Nadhir, M. (2023). Pendalaman Ilmu Nahwu dengan Metode Diskusi di Asrama Darus Shibyan. An-Nuqthah, 3(2), 76 - 84. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/An-Nuqthah/article/view/1487
Section
Articles