Pendampingan Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung Di Desa Wonorejo-Kencong
Abstract
Knowing and learning about hijaiyah letters is very important, especially for Muslims. However, due to the low level of education in our country in the past, the majority of people, especially housewives, were actually Hija'iyyah illiterate. Therefore, the use of card media to improve the ability to write continuous Hijaiyah letters in Wonorejo-Kencong Village is very relevant in this service process. It is hoped that by implementing this card media, the assisted objects will be able to read the Continuous Hijaiyah Letters accurately and correctly. The research method used in this research is a qualitative method. This research concludes that the use of card media can improve the ability to write continuous hijaiyah letters on assisted objects in Wonorejo-Kencong Village.
References
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46-57.
Bastian, A., & Suharni, S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media gambar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303-1311.
Daru, Maulana, Probo. Sarjono, Joko. Sukari. (2021). Implementasi Metode Tsaqifa Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Di Pesantren Lansia Nurul Iman. Al ‘Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1.(2), 74.
Gunawan, W. (2019). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 6(1), 69-76.
INDRIATI, T. (2022). Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(3), 209-215.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan video animasi dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037-1048.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.
Patimah, S., & Wulandari, D. (2022). BIMBINGAN MEMBACA AL-QUR’AN (BMQ) DENGAN METODE DIROSA UNTUK MEMBERANTAS BUTA HURUF HIJAIYAH DI DESA BENTENG. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 6(2).
Prasetiawan, A. Y. (2019). Perkembangan golden age dalam perspektif Pendidikan Islam. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 100-114.
Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada TK Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).
Retnaningrum, W., & Lathifah, I. (2020). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Jurnal Warna, 4(1), 65-77.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Umarella, S. (2018). Urgensi media dalam proses pembelajaran. Jurnal Al-iltizam, 3(2), 234-241.
Wardany, D. K. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’i dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurân bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02).
Wardany, Diny, Kristianty. (2021). Implementasi Metode Asy-Syafi’i Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an Bagi Orang Dewasa. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 10.(02), 978.