Pendampingan Belajar Bahasa Arab dengan Metode CTL untuk Meningkatkan Mufrodat Siswa Kelas VI di MI BAITUL MUKMIN Wringinagung Jombang Jember

  • Asni Furoidah IAI Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember
  • Falashifatul Ilma Universitas Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
Keywords: Language learning, CTL method, mufrodat.

Abstract

In learning activities, especially learning Arabic, appropriate methods and strategies are needed to achieve learning objectives. In this case the researcher tried to provide full assistance to class VI students at MI Baitul Mukmin Wringinagung Jombang Kencong in improving their mufrodat using the contextual teaching and learning (CTL) method. This assisted activity aims to emphasize the process of full student involvement in learning so that students can find the material being studied and relate it to daily life situations or certain fields, so that students can feel the meaning of each lesson material received and can implement it in their learning. various aspects of life. In this assisted activity, researchers used the PAR (Participatory Action Research) assisted method. The impact resulting from the use of the contextual teaching and learning (CTL) method applied to class VI students at MI Baitul Mukmin can improve their Arabic understanding, which initially had very little insight into Arabic language understanding.

References

Depi Kurniati. Nopiyanti. Zakiyah Arifa. (2021). Model Pembelajaran Cotextual Theaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 2(2).

Fitrhia Ulfah. 2023. Penerapan Model Contextual Theaching And Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV D Min 15 Hulu Sungai Utara. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). IAIN : Palangka Raya.

Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 9(2).

Jamingatun Solihah. 2019. Penerapan Metode Contextual Theaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Di MTs Cokroaminoto Wanadadi Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto : Purwokerto.

Kamsinah. (2008). Metode Dalam Proses Pembelajaran : Studi tentang Ragam dan Implementasinya. LENTERA PENDIDIKAN. Vol. 11(1).

Linda Khusnaini Suprihatin. . Penerapan Model Contextual Theaching And Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VI MI Miftahuk Huda Karang sono Ngunut Tulungagung. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). IAIN Tulungagung : Tulungagung.

Leo Satria. 2020. Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan CTL Dalam Meningkatkan Kreativitas & Maharat Al-Kalam (Study PTK Di MA Pembangunan UIN Jakarta). Tesis. Tidak diterbitkan. Konsentrasi Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta.

M. Ilham Muchtar. (2017). Metode Contextual Theaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ma’arij : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 1(1).

Moh. Rifa’i. Iradatul Hasanah. Zuhairi. Mukhlisin Sa’ad. (2022). Implementasi Contextual Theaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bahasa Arab (studi kasus di MTs Nurul Jadid Paiton Probolinggo). TARQIYATUNA : Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 01(02).

Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd. Evi Chamalah, S.Pd., M.Pd. Oktarina Puspita Wardani, S.Pd., M.Pd. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISSULA PRESS.

Mira Zulistia. (2021). Efektifitas Strategy Contextual Theaching and Learning (CTL) Bahasa Arab. Al-Maqayis : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. Vol. 8(2).

Sampiril Taurus Tamaji, S.Pd.I., M.Pd.I. 2019. Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Contextual Theaching And Learning (CTL). Disertasi. Diterbitkan. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang : Malang.

Sumarion. 2019. Model Pendekatan Contextual Theaching And Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas XI IPS 2 MAN Wates I Kulonprogo. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Tarbiyah. Univversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga : Yogyakarta.

Ubaid Ridho. (2018). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabhigoh. Vol. 20(01).

Wahyu Susiloningsih. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Theaching and Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. JURNAL PEDAGOGIA. Vol. 5(1).

Published
2024-05-30
How to Cite
Furoidah, A., & Ilma, F. (2024). Pendampingan Belajar Bahasa Arab dengan Metode CTL untuk Meningkatkan Mufrodat Siswa Kelas VI di MI BAITUL MUKMIN Wringinagung Jombang Jember. An-Nuqthah, 4(1), 19-26. https://doi.org/10.62097/an-nuqthah.v4i1.1639
Section
Articles