Aplikasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Kitab Safinatun Najah di Madrasah Miftahul Ulum Timpeh Dharmasraya
Abstract
Menguasai mufradat hal yang urgen untuk meningkatkan ketrampilan berbasa Arab hususnya membaca. Perbendaharaan kosakata yang maksimal menjadikan ketrampilan membaca lebih mudah. Metode sorogan yang dominan dipakai oleh siswa yang belajar bahasa Arab baik dimadrasah maupun pesantren sangat efektif mempercepat penguasaan mufradat. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan mufradat bahasa Arab santri kelas 3 Wustho madrasah Miftahul Ulum Timpeh Dharmasraya, terutama yang terdapat dalam kitab Safinah Najah dengan metode sorogan. sebagai pijakan dasar penguasaan mufradat yang dapat dikembangkan pada kitab turotsi yang lain. Riset pengabdian ini menggunakan metode community developmen dengan menganilisis data observasi dan dokumentasi yang berpedoman pada data primer dan skunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sorogan cukup efektif untuk peningkatan penguasaan mufradat terutama kosakata yang terdapat dalam kitab Safinah Najah serta pengenalan gramatika dasar yang mendampingi makna. Hasil tiset ini mengindentifikasikan bahwa metode sorogan sangat membantu siswa dalam penguasaan kosakata.
References
Ahmad, M., Akzam, I., & Yunita, Y. (2019). Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab pada Lembaga CELAD terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan.
Afif, M., Rusli, I., Aziz, A., & Fahrul, F. (2021). Pendampingan Baca Al-Quran Santri dengan Metode Sorogan (Di Musholla Darut Tauhid Dusun Banjar Tengah, Desa Banjar Tabulu, Kec. Camplong, Kab. Sampang). Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Afroni, M., & Lutfi, A. B. (2021). Efektivitas Metode Bernyanyi Dalam Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Di Kelas Vii a Mambaul Ulum Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Bashrah, 1(02), 118-128
Anggraini, R., & Sunhaji, S. (2021, August 29). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab terhadap Keterampilan Membaca Kitab Kuning Siswa Kelas V MI Brawijaya I Trowulan (Studi Kasus Kelas V di MI Brawijaya I Trowulan). PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 5(1), 245-255. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/899
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21- 32.
Amrina Rodlatul Janah, Ahmad Ahsan Ansori, Siti Nur Maghfirah, & Dian Puput Tiara. (2022). PROBLEMATIKA MAHARAH QIRA’AH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X IPA MA AL-MUKAROM PONOROGO. AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies, 2(1), 17–24. Retrieved from https://prosiding.insuriponorogo.ac.id/index.php/aicoms/article/view/43
Anwar, C. (2019). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 18(2), 149- 166
Arifin, A., & Ristianti, D. H. (2022). Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membaca Kitab Kuning Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 11(1), 24-36.
Fakhor, S., Syathori, A., & Nuryadien, M. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Sorogan dengan Kemampuan Membaca Kitab Safinatun Najah Santri Pondok Pesantren Al-Inaaroh Desa Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon”. Al- Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).
Fauzan, I., & Muslimin, M. (2018). Efektifitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri Di Madrasah Diniyyah Haji Ya'qub Lirboyo Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(1), 69-80.
Handayani, I. N., & Suismanto, S. (2018). Metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran pada anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 103-114.
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 6(2).
Hasibuan, H. B. (2018). Penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Hidayah, N., & Naimah, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Kitab Gundul Menggunakan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Denanyar Jombang. Bashrah, 2(1), 1-14
Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15-26.
Musodiqin, M., Nadjih, D., & Nugroho, T. (2017). Implementasi Sorogan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu- ilmu Keislaman, 7(1), 59-71.
Muchtar, I. (2018). Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 14-26.
Najah, F., & Bashri, A. M. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Sorogan Pada Pembelajaran Hidayatus Shibyan Santri Madrasah Diniyah Kelas 1 Nurul Jadid Blumbang Pragaan Daya Sumenep. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 66-73.
Solihin, M. (2022). IMPLEMENTASI METODE SOROGAN PADA PEMBELAJARAN KITAB SAFINATUN NAJAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGAL BESAR JEMBER (Doctoral dissertation, UIN KHAS JEMBER).
WIJAYA, A. MANAJEMEN PEMBELAJARAN DENGAN METODE SOROGAN DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS