Implementasi Media Snakes-Ladders dalam Penguasaan Mufradat di MTs Assunniyyah Jember

  • Zainuri Zainuri Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember Jawa Timur Indonesia
  • Nurma Kholifatul Hafidah Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah, Kencong, Jember, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Learning media, Arabic language, snakes-ladders

Abstract

Teachers must be able to present Arabic learning with the media well, so students can un­derstand lessons easily. This article discusses the snakes-ladders media which is ap­plied in learning Arabic on yaumiyyatunā material. This research oriented to check the mastery of Arabic mufradāt through snakes-ladders media in 8th grade students at MTs As­sunniyyah Kencong Jember. This study used a qualitative approach because the object of this research focuses on the process of mastering mufradāt with snakes-ladders media. Through snakes-ladders, students could master Arabic learning related to memorizing mufradāt. With the snakes-ladders, students are more enthusiastic about learning and also pay attention to the material taught by the teacher.

References

Bezai, Y. (2021). Children's theater and its lessons in learning the Arabic language and developing students' concepts. Journal of Social and Humanity, 22(1), 467-478.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan media permainan snakes ladders pada pembelajaran PIPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian wilayah waktu di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091-2100.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 149-162.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Indrianto, N. (2009). Pengembangan media permainan snakes ladders dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Jannah, H. (2020). Penggunaan media permainan snakes ladders dalam pembelajaran mufradat angka bahasa arab di SMP Islam Pegandon kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Kartikaningtyas, D., Yulianti, D., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Media game ular tangga bervisi SETS tema energi pada pembelajaran IPA terpadu untuk mengembangkan karakter dan aktivitas siswa SMP/MTS. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Malik, A. A. (2013). “SNAKES LADDERS OLAHRAGA” MEDIA PERMAINAN EDUKATIF UNTUK OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM SIRKUIT TRAINING BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI AJIBARANG TAHUN 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(10).

Muhlisoh, S. (2017). Keefektifan Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Vii di MTs Negeri Sumbang Banyumas Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang.

Mutayasiroh, S. (2021). Komparasi Media Audio-Visual dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqtah, 1(1), 25-29. https://doi.org/10.1234/an-nuqṭah.v1i1.592

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan snakes ladders ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan snakes ladders untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).

Nurlaila, A. R. (2018). Penggunaan Media Snakes ladders Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Darul Hikmah Soncolela Kota Bima. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 2(1), 52-68.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181-184

Nurhuda, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab pada Santri Nurul Huda Kartasura. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 4(1), 23-29. https://doi.org/10.36835/alfusha.v4i1.749

Salam, N., Safei, S., & Jamilah, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Snakes ladders pada Materi Sistem Saraf. AL-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 52-69.

Shofiyani, A., & Muti’ah, E. (2021). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN AN-NASHRIYAH TAMBAK BERAS JOMBANG. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(3), 229-232.

Published
2022-07-29
How to Cite
Zainuri, Z., & Hafidah, N. (2022). Implementasi Media Snakes-Ladders dalam Penguasaan Mufradat di MTs Assunniyyah Jember. An-Nuqthah, 2(2), 90-96. https://doi.org/10.1234/an-nuqtah.v1i3.886
Section
Articles