EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF NU KENCONG
Abstract
Penggunaan metode pelajaran yang efektif akan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar siswa yang aktif dan semakin baik pula pencapaian tujuan pembelajaran serta kemampuan guru dalam mengelola proses pengajaran melalui metode yang diterapkan. Dengan penggunaan metode role playing untuk menciptakan siswa yang aktif dan tujuan pembelajaran yang baik kegiatan belajar mengajar yang aktif dan mampu memotivasi belajar siswa.Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah tehnik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa? Dengan sub fokus penelitian (1) Apakah tehnik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa? (2) Apakah tehnik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tehnik role playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Ma’arif NU Kencong. Dengan tujuan khusus Untuk mengetahui efektivitas tehnik role playing dalam meningkatkan motivasi belajar secara intrinsik dan ekstrinsik dengan siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode one grub pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Ma’arif NU Kencong. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, Analisis data menggunakan SPSS Versi 25.0 Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa: (1) Teknik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 (2) Teknik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 (3) Teknik role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,003 dimana 0,003 < 0,05