EFEKTIVITAS PENERAPAN TEORI KARIR JOHN L HOLLAND TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMA NEGERI 01 YOSOWILANGUN
Abstract
Perencanaan karir merupakan proses seseorang untuk memilih dan memutuskan karir yang hendak dijalaninya. Ada dua faktor yang mempengaruhi perencanaan karir yakni faktor internal dan eksternal. Perencanaan karir sangat penting dilakukan, salah satunya dengan menggunakan teori John L. Holland. Teori ini dapat membantu siswa dalam perencanaan karir yang berdasarkan dengan kepribadian yang mereka miliki.
Permasalahan umum: 1) Penerapan teori karir John L. Holland terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 01 Yosowilangun?. Permasalahan khusus: 2) Apakah penerapan teori karir John L. Holland efektif terhadap perencanaan karir faktor internal di SMA Negeri 01 Yosowilangun? 3) Apakah penerapan teori karir John L. Holland efektif terhadap perencanaan karir faktor eksternal di SMA Negeri 01 Yosowilangun?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teori John L. Holland terhadap perencanaan siswa di SMA Negeri 01 Yosowilangun.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, penentuan sampel menggunakan purposive sampling, jumlah sampel 27 siswa. Teknik pengumpulan data: observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji paired sampel t-test dengan SPSS 25.0. Hasil analisis: 1) Variabel Y diperoleh hasil nilai t hitung 13.250 dan nilai sig 0.000, 2) Sub variabel Y1 diperoleh hasil nilai t hitung 19.425 dan nilai sig 0.000, 3) sub variabel Y2 diperoleh hasil nilai t hitung 13.250 dan nilai sig 0.000,
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya penerapan teori karir John L. Holland efektif meningkatkan perencanaan karir siswa SMA Negeri 01 Yosowilangun. Penerapan teori karir John L. Holland dapat membantu memperoleh pemahaman dan pengarahan dalam proses mempersiapkan perencanaan karir baik dari faktor internal dan eksternal pada siswa SMA Negeri 01 Yosowilangun.