EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK HIPNOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAM GUMUKMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Moh Imam Muzaqi
Keywords: Konseling Kelompok, hipnoterapi, motivasi belajar

Abstract

Peran seorang siswa adalah belajar, perlu kiranya motivasi belajar tercipta. seiring dengan berkembangnya zaman motivasi belajar supaya lebih ditingkatkan. Bermain, keadaan ekonomi orang tua, orang tua yang broken home, lingkungan belajar tidak nyaman, lingkungan sekitar yang kurang kondusif itu adalah sebagian contoh kecil fenomena yang ada di sekitar kita saat ini. Sehingga mengakibatkan motivasi belajar menurun. Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika seorang anak ingin lebih sukses dibanding pencapaian keberhasilan anak saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar.

Fokus masalah pada penelitian ini adalah Apakah Ada Efektif konseling kelompok dengan teknik hipnoterapi untuk meningkatkan Motivasi belajar dalam hal agar lebih senang belajar mandiri, agar tidak bosan terhadap tugas-tugas, dan agar senang mencari dan memecahkan soal-soal peserta didik kelas XI di SMA Islam gumukmas.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di SMA Islam gumukmas.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian pre-experimental designs dengan bentuk desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian berjumlah 13 peserta didik SMA Islam Gumukmas yang mengalami kurangnya motivasi belajar dalam kategori tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, wawancara, observasi dan analisis data dengan menggunakan uji T. teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji paired sample t-test dengan menggunakan SPSS 18.0

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya: (1) teknik hipnoterspi untuk meningkatkan motivasi belajar lebih senang belajar mandiri pada peserta didik SMA Islam Gumukmas dengan Sub variable Yi di peroleh hasil thitung 7.056 dan nilai sig. 0.000,. (2) teknik hipnoterspi untuk meningkatkan motivasi belajar tidak cepat bosan terhadap tugas-tugas pada peserta didik SMA Islam Gumukmas dengan Sub variable Y2 di peroleh hasil thitung 7.270 dan nilai sig. 0.000, (3) teknik hipnoterapi untuk meningkatkan motivasi belajar senang mencari dan memecahkan soal soal pada peserta didik SMA Islam Gumukmas dengan Sub variable Y3 di peroleh hasil thitung 4.232 dan nilai sig. 0.001.

Published
2024-08-30
How to Cite
Muzaqi, M. I. (2024). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK HIPNOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA ISLAM GUMUKMAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. JEC : Journal of Educational Counseling, 3(2), 34-50. https://doi.org/10.62097/jec.v3i2.1857
Section
Articles