IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK SMALL GROUP DISCUSSIONUNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI MA IRSYADUN NASI’IN KASIYAN
Abstract
Masa remaja merupakan masa dimana seseorang mengalami peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa, dari aspek psikologis, dan sosial. Maka dari itu masih banyak remaja yang masih labil dan belum bisa mengontrol dirinya dalam hal yang positif, penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul di MA Irsyadun Nasi’in Kasiyan yaitu siswa masih kurang mampu mengendalikan dirinya kedalam hal yang positif utamanya pada aspek konsentrasi belajar dan kedisiplinan belajar. Sehingga dengan adanya penelitian ini sebagai bentuk upaya guru BK untuk mengatasi permasalahan terkait selfcontrol yang ada di MA Irsyadun Nasi’in, Utamanya pada kelas XI IPS.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Bimbingan Konseling Klasikal Menggunakan Teknik small group Discussion Untuk Meningkatkan Self Control Siswa? Dan Sub fokus penelitian ini meliputi : Bagaimana Perencanaan Bimbingan Konseling Klasikal Menggunakan Teknik small group discussion untuk meningkatkan self control siswa? bagaimana pelaksanaanbimbingan konseling klasikal menggunakan Teknik small group discussion untuk meningkatkan self control siswa?, dan bagaimana evaluasi dari bimbingan konseling klasikal menggunakan teknik small grub discussion untuk meningkatkan self controlsiswa?
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif deskriptif, Teknik pemilihan subyek atau sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yakni pemilihan sampel/subyek berdasarkan pada kriteria tertentu.Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pada tahap uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Adapun dalam penelitian ini didapati sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan klasikal menggunakan teknik small grup discussion melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Yang pertama yaitu proses Perencanaan bimbingan yakni dilakukan dengan mengajukan jadwal kelas dan membuat RPL, yang kedua yaitu tahap pelaksanaan yang diawali dengan pendahuluan atau mengucapkan salam, kemudian kegiatan inti yang diawali dengan guru BK menyampaikan materi sesuai RPL setelah itu memasuki proses diskusi, dan yang terakhir adalah kegiatan evaluasi proses dan evaluasi hasil.Dengan menerapakan Bimbingan Klasikal Menggunakan Teknik Small group Discussion dapat disimpulkan bahwa kegiatan Bimbingan Klasikal dapat meningkatkan self control siswa, yang mana hal ini dibuktikan dengan adanya nilai sikap dan pengetahuan yang meningkat.