Konsep Penilaian Berbasis Portofolio pada Kegiatan Pembelajaran PAI

Abstract

Penilaian berbasis portfolio merupakan metode penilaian yang  berkelanjutan dengan berbagai kumpulan dokumentasi hasil pekerjaan/tugas siswa yang diambil dari proses kegiatan pembelajaran berlangsung dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, dan disimpan dengan map/suatu bendelan secara sistematis dan terorganisir. Bisanya penilaian berbasis portofolio ini digunakan dalam bidang pendidikan. Guru harus menyusun strategi pembelajaran dan model dalam kegiatan belajar agar siswa tidak merasa bosan dengan adanya kegiatan belajar mengajar. Penilaian berbasis portofolio ini bertujuan untuk mengukur kemampuan, keterampilan, dan ekspresi siswa. Baik didalam kelas maupun diluar kelas. Sehingga hasil dari penilaian dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dikomunikasikan dengan siswa,orang tua, dan pihak terkait tentang penilaian tersebut.penilaian portofolio ini dilaksanakan dengan melihat pedoman/prinsip penilaian berbasi portofolio yaitu dengan  saling mempercayai, kerahasiaan, milik bersama, kepuasan, dan kesesuaia. Bentuk –bentuk dari hasil dari penilaian portfolio dapat digambarkan dengan catatan anekdot,draft,tugas harian,laporan,diagram,review, dan lain sebagainya. Penilaian berbasis portofolio ini juga memeiliki banyak manfaat yang tidak bisa disebutkan satu- persatu. Dan didalam penilaian bebrbasis portofolio ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Published
2022-12-31
How to Cite
Hakim, F. (2022). Konsep Penilaian Berbasis Portofolio pada Kegiatan Pembelajaran PAI. AS-SUNNIYYAH, 2(02), 26-35. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/1530
Section
Articles