Perencanaan Sarana Dan Prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Jombang
Abstract
adanya sarana dan prasarana. Unsur ini menjadi hal yang urgen untuk diperhatikan dan dengan segala upaya komponen ini perlu diadakan dalam mendukung proses pembelajaranUntuk mengadakan sarana dan prasarana pendidikan tentunya tidak serta merta beli barang tersebut melainkan harus menerapkan prinsip-prinsip implemenatasi dalam menejerial yakni perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, sehingga segara aktivitas dan pengadaan barang dan jasa diupayakan menjadi efektif dan efisien, khsusnya pada bidang perencanaan pengadaan sarana dan prasarana
Metode pendekatan penelitian deskriptif kualitatif pada bidang perencanaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma'arif 02 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam perencanaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Jombang, subjek penelitiannya adalah wakil kepala madrasah bagian sarana dan prasarana. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Interview/ wawancara dan dokumentasi, analisis data pada penelitian kualitatif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ditemukan tahapan perencanaan sarana dan prasarana yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma’arif 02 Jombang:1)Identifikasi dan Menganalisis Kebutuhan Madrasah dimulai dengan meninjau langsung kondisi sarana dan prasarana pada setiap ruang dan lahan di lingkungan Madrasah. SDM yang ada di Madrasah dengan alasan bahwa merekalah yang tahu secara pasti apa yang dibutuhkan dan juga melaporkan ada sarana prasarana yang sudah tidak layak digunakan.2) Inventarisasi Sarana dan Prasarana Yang Ada dengan memberikan keterangan kondisi terkini sarana dan prasarana yang meliputi, jenis barang, keadaan, fungsi dan keberadaannya dilakukan satu tahun sekali setiap akhir semester genap.3)Mengadakan Seleksi dengan mengutamakan sarana dan prasarana yang bersifat skala prioritas dalam pengadaan sarana dan prasarana. 4)Sumber Anggaran/Dana menyesuaikan dengan anggaran madrasah, dengan memetakan sarana dan prasarana yang memang urgen dalam pengadaannya.