Perbedaan Persepsi Tentang Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dari Sudut Pandang Mahasiswa PBA Semester Tiga Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember

  • Akhmad Mukhlis Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong
  • Yudy Tri Utami Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong

Abstract

Psikologi pendidikan merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Al-Falah As-Sunniyah kencong Jember. Salah satu materi yang dipelajari dalam psikologi pendidikan yaitu tentang anak berkebutuhan khusus (ABK). Pada penelitian ini lebih banyak mengulas tentang anak dengan bakat istimewa dan cerdas istimewa (CIBI). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi literatur, metode diskusi kelompok dan wawancara. Tujuan dalam penelitian ini ialah membahas lebih lanjut mengenai klasifikasi ABK terkait perbedaan pandangan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester tiga mengenai permasalahan “apakah anak CIBI masuk kedalam kategori anak berkebutuhan khusus atau tidak ?”. Penelitian ini juga disertai dengan penangan lebih lanjut pada anak dengan bakat istimewa dan cerdas istimewa (CIBI) dalam lingkup sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Kesimpulan dalam penelitian ini, anak dengan tingkat kecerdasan istimewa dan bakat istimewa termasuk golongan anak berkebutuhan khusus karena memerlukan penanganan berbeda.

Published
2025-01-28
How to Cite
Mukhlis, A., & Utami, Y. T. (2025). Perbedaan Persepsi Tentang Klasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dari Sudut Pandang Mahasiswa PBA Semester Tiga Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember. AS-SUNNIYYAH, 4(02), 115-120. https://doi.org/10.62097/assunniyyah.v4i02.2141
Section
Articles