Implementasi Metode Insya’ Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Santri Darul Aroby Kencong Jember

  • M. Abdul Ghofur Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong
  • Muhammad Dawasun Nadir Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong

Abstract

Bahasa Arab memainkan peran vital dalam agama Islam, terutama dalam pelestarian keutuhan dan kemurnian ajarannya sebagai satu-satunya bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini mengeksplorasi implementasi metode Insyā’ dalam pembelajaran menulis bahasa Arab di asrama Darul Aroby Kencong Jember, dengan fokus pada efektivitas dan tantangan yang dihadapi. Menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa metode Insyā’ diterapkan dengan sistematis dalam pembelajaran, namun pelajar menghadapi kendala seperti kekurangan kosa kata, kurangnya kepercayaan diri, dan pengetahuan terbatas tentang kaidah bahasa Arab. Upaya perbaikan meliputi penggunaan bahasa Arab secara intensif, latihan tambahan, dan pengembangan motivasi serta pemahaman kaidah bahasa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun metode Insyā’ memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan menulis, tantangan yang ada memerlukan perhatian berkelanjutan untuk meningkatkan hasil pembelajaran di masa depan.

Published
2024-12-26
How to Cite
Ghofur, M. A., & Dawasun Nadir, M. (2024). Implementasi Metode Insya’ Dalam Pembelajaran Maharah Al-Kitabah Santri Darul Aroby Kencong Jember. AS-SUNNIYYAH, 4(02), 121-128. https://doi.org/10.62097/assunniyyah.v4i02.2148
Section
Articles