Penerapan Metode Numbered Head Together ( NHT) untuk Meningkatkan Penguasaan mufrodat siswa kelas XI di MA Assunniyyah Kencong – Jember
Abstract
Untuk mencapai hasil belajar yang maksimal dan sesuai target pembelajaran, salah satunya diperlukan sebuah metode yang efektif, yang mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Sebagaimana dalam latar belakang penelitian ini, dimana siswa kelas XI MA Assunniyyah kencong Jember memiliki motivasi belajar yang masih rendah terhadap bahasa arab, khususnya pembelajaran mufrodat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbandingan hasil belajar bahasa Arab siswa menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) kelas XI MA Assunniyyah kencong Jember, khususnya dalam pembelajaran mufrodat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, post-test, kuesioner dan dokumentasi.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT) pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, 2) Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab, khususnya pembelajaran mufrodat, 3) Siswa menjadi lebih aktif selama dalam proses pembelajaran berlangsung dan tentunya juga meningkatkan hasil belajar mufrodat pada siswa, dimana nilai rata-rata hasil pre-test kelas XI MA adalah 49,30. Sementara pada hasil post-test menunjukkan kelas XI MA mendapat 73,40.