Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iv

Indonesia

  • Khurin In Ratnasari

Abstract

Pandemi corona virus Disease 2019 (Covid-19) telah mengganggu proses pembelajaran konvensional. Maka diperlukan analisa bagaimana pandemi ini berdampak langsung pada hasil belajar siswa. Walaupun pembelajaran daring dapat dilaksanakan sebagai pengganti pembelajaran konvensional yang ada, tetapi perubahan tersebut memiliki dampak langsung pada hasil belajar siswa yang belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daringĀ  selama masa pandemi dan perubahan hasil belajar siswa secara menyeluruh dalam satu kelas. Penelitian ini berusaha menemukan apakah pembelajaran matematika secara daring efektif bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan aadalah kualitatif dengan membandingkan nilai seluruh siswa pada semester ganjil dengan semester genap pada tahun pelajaran yang sama, dimana di semester 1 pembelajaran dilaksanakan dengan normal, sedangkan pada semester genap dilaksanakan dengan daring. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil wawancara dan pembandingan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 siswa kelas IV, sekitar 97% yaitu 37 siswa mengalami penurunan nilai akhir semester. Hal tersebut dapat disebabkan oleh hilangnya kegiatan pembelajaran tatap muka antara guru dan siswa, berkurangnya pengawasan guru dalam meninjau proses pembelajaran siswa saat belajar jarak jauh, sehingga hal tersebut menghambat dilaksanakannya penjelasan dan dialog langsung antara siswa dan guru.

Published
2021-12-01
How to Cite
Ratnasari, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iv. AS-SUNNIYYAH, 1(01), 39-53. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/assunniyyah/article/view/629
Section
Articles