Penerapan Perbaikan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah di Indonesia
Abstract
Masalah dalam dunia pendidikan selalu saja menemui kesulitan di dalam memecahkannya. Banyak survei dan hasil riset menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih tergolong kurang. Kualitas yang kurang disebabkan oleh munculnya berbagai hambatan dan masalah. Hal inilah yang mendorong pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi kualitas Pendidikan di Indonesia. Metode dalam penelitian ini adalah studi literatur, dimana penulis menganalisis sumber pustaka sebagai bahan kajian. Selain itu, peneliti juga mengaitkan dengan kondisi nyata kondisi dunia Pendidikan di Indonesia saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengambil manfaat dan nilai positif dari penerapan perbaikan kualitas pendidikan di eropa untuk diterapkan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut membutuhkan perbaikan dari berbagai sektor, baik dari guru, prasarana, maupun dari kualitas siswa. Oleh sebab itu, beberapa kunci sukses dalam penerapan peningkatan sekolah telah diidentifikasi dan dapat melayani sebagai sebuah petunjuk bagi pembuat kebijakan yang akan merencanakan program peningkatan terutama pada sekolah baru. Progam-program yang dapat dilakukan yakni antara lain dengan mengubah lingkungan belajar, sekolah, dan kelas. Kombinasi yang akurat dan efektif dalam berbagai hal akan memberikan hasil yang efektif bagi peningkatan sistem pada dunia pendidikan di Indonesia.
Kata kunci: kualitas sekolah, sistem, pendidikan, indonesia
Downloads
Copyright (c) 2023 Ahmad Sudi Pratikno, Isna Ida Mardiyana, Sumantri Sumantri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.