Penggunaan Power Point Sebagai Media Penguatan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV-A MI Miftahul Ulum 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

  • Agus Zainudin Universitas Islam Jember
  • Ahmad Hisbulloh Huda Universitas Islam Jember

Abstract

Ilmu pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang memuat materi tentang alam semeseta beserta mahluk hidup yang ada didalamnya sehingga membutuhkan media pembelajaran sebagai penunjang dalam proses pembelajaran untuk mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum 02 Dusun Pondoklabu, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran sederhana akan pentingnya penggunakan media dalam proses pembelajaran sebagia upaya mengkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA kelas IV-A di MI Miftahul Ulum 02 Dusun Pondoklabu, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan dimana peneliti tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan hanya mengamati, wawancara dengan siswa kelas IV-A, guru IPA kelas IV-A dan Kepala Madrasah MI Miftahul Ulum 02 Dusun Pondoklabu, Desa Klompangan, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember  dan juga dokumentasi kegiatan. Kemudian hasil observasi, wawancara dan dokumentasi tersebut dituangkan dalam bentuk deskripsi. Dari peneliatian terserbut dapat disimpulkan  ada peningkatan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA pada saat guru menggunakan media power point. Dengan meningkatnya motivasi siswa diharapkan pemahaman siswa juga ikut meningkat. Namun dalam penerapannya masih ditemukan kendala yaitu guru masih belum sepenuhnya menguasai aplikasi power point dan ketersediaan perangkat LCD Projector yang belum mencukupi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-28
How to Cite
Zainudin, A., & Huda, A. H. (2024). Penggunaan Power Point Sebagai Media Penguatan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV-A MI Miftahul Ulum 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(01), 1-10. https://doi.org/10.62097/au.v6i01.1740
Section
Articles