Implementasi Pembelajaran Steam Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Tematik Integratif di Sekolah Dasar

  • Dukan Jauhari Faruq Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong
  • Nila Ma’rifatus Sholihah Universitas Al-Falah As-sunniyyah Kencong

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya banyak siswa terhadap materi pelajaran yang sangat meresahkan bagi pendidik, sebab tanpa pemahaman siswa niscaya tujuan pembelajaran sulit untuk tercapai. Pembelajaran STEAM mampu mengatasi hal ini, sebab STEAM mampu mengintegrasikan komponen STEAM sekaligus subjek, sehingga mampu mempelajari banyak materi hanya dengan sekali pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran STEAM dalam meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran STEAM dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pada pembelajaran STEAM berupa projek yang mampu mengintegrasikan komponen STEAM dengan subject, sehingga siswa akan belajar banyak hal secara tidak langsung. Pelaksanaan pembelajaran STEAM berupa pengintegrasian mata pelajaran dengan komponen STEAM sedangkan sistem evaluasinya berupa evaluasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dari evaluasi ini dapat diketahui  bahwa pemahaman dan sebab akibat siswa meningkat akibat pembelajaran STEAM yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-28
How to Cite
Jauhari Faruq, D., & Sholihah, N. M. (2024). Implementasi Pembelajaran Steam Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(01), 19-33. https://doi.org/10.62097/au.v6i01.1742
Section
Articles