Efektifitas Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI

  • Khurin In'Ratnasari IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH http://orcid.org/0000-0003-3268-5596
  • Indah Wahyuni Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Erfan In Efendi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Motivasi untuk belajar sangat penting selama proses pembelajaran. Hasil belajar akan lebih baik dengan motivasi yang tepat. Siswa pada awalnya tidak tertarik untuk belajar. Tetapi ketika sesuatu dicari, munculah minat dalam proses pembelajaran. . Kurangnya minat dan ketertarikan siswa terhadap subjek adalah salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa . Kondisi ini dibuktikan dengan rendahnya motivasi belajar di sekolah. Data hasilobservasi menunjukkan dari 25 siswa kelas, persentase motivasi belajar siswa hanya mencap2ai 42%, sedangkan 58% siswa masih belum termotivasi dalam pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantatif yang menggunakan teknik analisis data menggunakan menggunakan paired Test. Hasil dari penelitian ini Model pendekatan analisis transaksional berpengaruh dalam meningkatkan motivasi pembelajaran. Penerapan model pendekatan analisis transaksional berpengaruh apabila kesadaran diri siswa yang benar-benar diperhatikan oleh orang tua dan guru kepada siswa yang mengalami masalah 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-28
How to Cite
In’Ratnasari, K., Wahyuni, I., & Efendi, E. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MI. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(01), 34-42. https://doi.org/10.62097/au.v6i01.1743
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)