Implikasi Pendidikan Kritis dalam Pendidikan Islam

  • Ifa Afida STAI Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember

Abstract

The problem of education is a very important issue and can not be
separated from the whole range of human life. most humans
saw education as a noble activity that will direct
human humanizing values. Basically Islamic education
strongly emphasizes humanization and liberation as an educational orientation,
and placing learners and educators alike as a subject in
teaching and learning process. Relying on critical educational paradigm, then
Education is expected to produce process and product education
humanists. To that end, pedagogy pattern being used in the main patron
teaching and learning process in the education system should be replaced by
andragogy education pattern which opens up more opportunities for learners
to participate actively, critically, and creatively in the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Husein, Muhammad Said, Kritik Sistem Pendidikan (T. tp : Pustaka Kencana,

al-Saybany, Omar Muhammad al-Toumy, Falsafah al-tarbiyah al- Islamiyah.

terjemahkan oleh Hasan Langgulung (Jakarta : Bulan Bintang. 1983)

Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penerjemah

dan Penafsir Alquran, 1989)

Fakih, Mansour, Pendidikan Popular :membangun Kesadaran Kritis (Cet. I ; Yog-

yakarta: Insist, 2001)

Fakih, Mansour, “Ideologi-ideologi Pendidikanâ€, dalam Pengantar Buku William

F. O’neil, Educational Ideologies : Contemporary Expressios ofl Educatonal Philosophies,

diterjemahkan oleh Omi Intan Naomi dengan judul Ideologiideologi

Pendidikan

(Cet.

II;

Yogyakarta

:

Pustaka

Pelajar,

Freire, Paulo, Educaco Como Ptaktica da Liberdade, Diterjemahkan oleh Martin

Eran dengan Judul Pendidikan yang Membebaskan (Yogyakarta : Melibas,

Harry Noer Ali, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, (Cet. II : Bandung :

CV. Diponegoro, 1992)

http://johnson-kompetent.blogspot.com/2010/08/pendidikan-kritis.html.

Iqbal, Muhammad, The Reconsturction of Religion Thought in Islam,

diterjemahkan oleh Ali Audah, et. al dengan Judul Rekonstruksi Pemikiran

Agama dalam Islam (Yogyakarta: Jalasutra, 2002)

Muhammad Iqbal, Asrar-I Khudi, diterjemahkan oleh Bahrun Rangkuti dan Arif

Husein dengan Judul Rahasia-rahasia Pribadi (Cet. I ; Jakarta : Pustaka Islam,

t.t)

Lubis, Akhyar Yusuf,Dekonstruksi Epistemologi Modern (Cet. I ; Jakarta : Pustaka

Indonesia Satu, 2006)

Maragustam, Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna (Falsafah Pendidikan

Islam) cet.1 (Yogyakarta: Nuha Litera, 2010)

Muhaimin, et. al, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung : Remaja Rosdakarya,

Muthahhari, Murtadha, al-Tarbiyah al-Islamiyah. diterjemahkan oleh Muhammad

Bahruddin dengan Judul Konsep Pendidikan Islam (Depok: Iqra Kurnia

Gumilang. 2005)

Nuryatno, Agus, Mazhab Pendidikan Kritis; Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik

dan Kekuasaan (Yogyakarta: Resist Book, 2011)

Prihantoro, Agung dan Fuad Arif Yudi Hartanto, Politik Pendidikan : Kebudayaan,

Kekuasaan, dan Pembebasan (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004)

Solikin, Mukhtar dan Rosihan Anwar, Hakekat Manusia : Menggali Potensi

Kesadaran Pendidikan Diri dalam Psikologi Islam (Bandung : Pustaka Setia,

Syari’ati, Ali, Man and Islam, diterjemahkan oleh Amien Rais dengan Judul Tugas

Cendekiawan Muslim (Cet. II; Jakarta: Srigunting Press, 2002),

Published
2016-11-01
How to Cite
Afida, I. (2016). Implikasi Pendidikan Kritis dalam Pendidikan Islam. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 1-20. https://doi.org/10.36835/falasifa.v7i1.1
Section
Articles