Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Ibtida’iyah

  • Muhammad Hori Universitas Al Falah As Sunniyah Kencong Jember
  • Mukhsin Mukhsin Universitas Al Falah As Sunniyah Kencong Jember
  • Nanang Budianto Universitas Al Falah As Sunniyah Kencong Jember
Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Kepribadian Siswa, Madrasah Ibtida’iyah

Abstract

Implementasi pembelajaran akhlak dalam membentuk kepribadian adalah pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, yang dilakukan secara bertahap sehingga tercapainya pembentukan kepribadian yang diharapkan. Namun dalam membentuk kepribadian mukmin dan muhsin terdapat faktor yang dapat menunjang dan menghambat kepribadian siswa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa. Sub fokus masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk faktor apa saja yang menunjang dan menghambat keberhasilan implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, kepustakaan dan dokumenter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi, dan teknis analisis data yang digunakan adalah model interaktif  Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, veritifikasi. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa kesimpulan antara lain: implementasi pembelajaran akidah akhlak dapat memberikan perkembangan terhadap siswa dalam memperbaiki pribadinya. Kepribadian yang diharapkan yaitu kepribadian mukmin dan muhsin. Dalam membentuk kepribadian mukmin terdapat faktor penunjang, yaitu karakter rabbani, malaki, qur’ani, rasuli, yawm akhir dan taqdiri. Sedangkan faktor penghambat kepribadian mukmin yaitu faktor yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Dalam membentuk kepribadian muhsin terdapat faktor penunjang yaitu karakter khaif, raji’, tawakkal, mustaqim, ikhlas, sabar, qana’ah, syukur, jujur, tawadhu’, bertaubat, taqwa yang diterapkan siswa setelah mempelajari akidah akhlak, bimbingan orang tua dan guru. Sedangkan faktor penghambat kepribadian muhsin yaitu adanya gangguan kepribadian siswa, dan pengaruh dari lingkungan.

Published
2024-03-11
How to Cite
Hori, M., Mukhsin, M., & Budianto, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Ibtida’iyah. JIEP : Journal of Islamic Education Pedagogy, 1(01), 40-51. Retrieved from https://ejournal.uas.ac.id/index.php/jieep/article/view/1601
Section
Articles