BIMBINGAN BELAJAR UNTUK SISWA-SISWI DI KAMPUNG NELAYAN TANGGUH DESA PUGER KULON

  • Nanang Budianto Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Ahmad Faruq Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Taufiq Hidayah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Miftakhur Rohman IAI AL FALAH ASSUNIYYAH KENCONG
  • Boby Sudarmaji Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Muhammad Ridwan Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Dewi Nur Hasanah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Jundatul Masfufah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Bimbingan Belajar, Kampung Nelayan Tangguh

Abstract

Bimbingan belajar memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan belajar seorang anak, karena tidak hanya apa yang diperoleh di sekolah, tetapi juga pembelajaran di luar sekolah memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap motivasi belajar siswa. Di kampung Nelayan Tangguh desa Puger Kulon Pendidikan non formal diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dalam pendidikan non formal, siswa biasanya dituntut untuk belajar dengan cara yang berbeda dari pendidikan formal. Pendidikan non formal lebih mudah dan lebih menarik dengan memperkenalkan hal-hal baru atau hal-hal yang tidak mereka pahami, tidak seperti pendidikan formal. Belajar akan lebih menyenangkan jika di dalamnya disisipkan permainan-permainan yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Siswa tidak hanya harus menghafal, tetapi juga memahami dan tertarik, karena siswa yang tertarik secara otomatis menemukan apa yang tidak mereka ketahui. Untuk itu, penerapan metode belajar dan bermain sehingga dapat menginspirasi siswa untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif dalam belajar dan berpikir aktif serta memecahkan masalah.

Published
2024-10-31
How to Cite
Budianto, N., Faruq, A., Hidayah, T., Rohman, M., Sudarmaji, B., Ridwan, M., Hasanah, D., & Masfufah, J. (2024). BIMBINGAN BELAJAR UNTUK SISWA-SISWI DI KAMPUNG NELAYAN TANGGUH DESA PUGER KULON. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 38-43. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v3i1.1004
Section
Articles