PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGENALKAN HURUF DI TK DEWI MASYHITHOH III CAKRU

  • Hafif Komarullah Universitas Al-Falah Assunniyah
  • Lailatul Mukarromah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Anak Usia Dini, Mengenal Huruf, Media Digital

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang usianya mulai 0-6 tahun. Usia 0-6 tahun sangat efektif untuk memberikan stimulasi pendidikan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Pemberian pendidikan yang utama pada anak usia dini pengenalan huruf. Pengenalan huruf pada anak usia dini sangatlah penting untuk komunikasi pada teman sebayanya atau dengan orang dewasa. Pengenalan huruf dengan media digital mempermudah pelafalnya pada anak usia dini. Media digital yang digunakan pada anak usia dini media audio dan visul. Pengabdian ini dilaksanakan di TK Dewi Masyhitoh III Cakru berdasarkan tempat digunakan dalam penelitian ini metode EBR dengan tahapan ECA-EVARED (Exploration, Creation, Action, Evaluation, and Dissemination) analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskribtif. Hasil yang didapatkan oleh peneliti dalam indikator kemampuan mengenal huruf adalah 55% berkembang sangat baik dan kemampuan menirukan huruf 70% berkembang sangat baik. Terdapat 5% anak belum berkembang. Sebagai pendidik tetap memberikan motivasi dan semangat belajar.

Published
2024-10-31
How to Cite
Komarullah, H., & Mukarromah, L. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGENALKAN HURUF DI TK DEWI MASYHITHOH III CAKRU. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59-64. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v3i1.1666
Section
Articles