Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter terhadap Perkembangan Pola Fikir dan Belajar pada Siswa Milenial

  • Ulya Maulani Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Roni Subhan Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Pendidikan Karakter, Pola Pikir, Belajar, Siswa Milenial

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter merupakan salah satu cara mengubah dan membentuk siswa dengan kreatif dan inovatif terutama pada siswa milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dan dampaknya terhadap perkembangan pola pikir serta proses belajar siswa milenial yang ada di sekolah MAN 3 Jember. Adanya kegiatan pondok romadhan yang bertemakan pendidikan karakter dan keagamaan sangat menguntungkan bagi guru maupun siswa MAN 3 Jember. Di era digital saat ini, siswa milenial menghadapi berbagai tantangan yang mempengaruhi cara berpikir dan belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah EBR (Empowerment-Based Research), degan menggunakan beberapa langkah yaitu (Exploration, Action, Dissemination, and Report). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pondok romadhan yang bertemakan pendidikan karakter memberikan dampak positif bagi siswa–siswi MAN 3 Jember. Selain itu, penerapan nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, berpikir analitis, dan berkolaborasi. pendidikan karakter juga berperan dalam membentuk sikap positif siswa terhadap belajar, meningkatkan motivasi intrinsik, serta membangun keterampilan sosial yang penting untuk kesuksesan akademik dan kehidupan sehari-hari.

Published
2024-04-30
How to Cite
Maulani, U., & Subhan, R. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter terhadap Perkembangan Pola Fikir dan Belajar pada Siswa Milenial. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 134-141. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1854
Section
Articles