EDUKASI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DAN DAMPAK KESEHATAN MENTAL PADA ANAK USIA DINI

  • Dwi Wijonarko Universitas Jember
  • Ananda Dwi Firdaus Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Azzura Talitha Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Kumala Linda Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Sonia Br Ginting Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Cahya Rahmadhan Mutasyakir Universitas Jember
Keywords: Pendidikan, Perundungan, Usia Dini

Abstract

Kasus perundungan atau bullying di lingkungan pendidikan menjadi isu serius yang mendapat perhatian luas, terutama karena dampaknya terhadap kesehatan mental anak-anak. Data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menunjukkan tingginya prevalensi bullying di Indonesia, dengan berbagai bentuk seperti bullying fisik, verbal, dan psikologis. Studi ini bertujuan untuk mengedukasi siswa kelas V dan VI SDN 5 Tembokrejo, Jember, tentang pengertian, jenis, serta dampak bullying melalui program sosialisasi berbasis ICT. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan penyampaian materi dengan bantuan media interaktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying, yang diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta menumbuhkan sikap anti-bullying di kalangan siswa

Published
2024-10-31
How to Cite
Wijonarko, D., Firdaus, A., Talitha, A., Linda, K., Ginting, S. B., & Mutasyakir, C. (2024). EDUKASI PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DAN DAMPAK KESEHATAN MENTAL PADA ANAK USIA DINI. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 87-93. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v3i1.1891
Section
Articles