Peningkatan Kompetensi dengan Menggunakan Metode Tilawati Bagi Guru TPQ di Desa Cakru

Indonesia

  • M. Bustanul Ulum IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG
  • Khurin In'Ratnasari IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH http://orcid.org/0000-0003-3268-5596
  • Rif’atus Sa’diyah IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG
  • Siti Nur Khanah Muhaimin IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG
  • Sholeh Faruqi Lukman Hakim IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG
  • , Zul Fahmi Eka W Syamsul Arifin IAI AL-FALAH AS-SUNNIYYAH KENCONG

Abstract

ABSTRAK (ENGLISH)

Al-Qur'an Education Park (TPQ) is a non-formal educational institution that is the focus of parents in an effort to improve the ability to read and understand the Koran for children. Just like formal educational institutions, the Al-Qur'an Education Park (TPQ) must also be guaranteed its quality. One of the things that is underestimated in learning at the Al-Qur'an Education Park (TPQ) is the learning process carried out by the teacher TPQ and the methods used in the learning can affect children's interest in learning the Qur'an. Therefore, in order to improve the quality for teachers TPQ as well as the interest and learning attraction of children in Cakru Village, Kencong District, Jember Regency in learning the Qur'an, I and the participants from the regional pkmbr and assisted by TPQ teachers and residents around will develop the Al-Qur'an Education Park (TPQ) by providing quality training for teachers TPQ in Cakru village and also developing the tilawati method as a way to increase interest and interest in learning the Qur'an. The Tilawati method is one of the innovations of the method in learning the Qur'an. His trademark is using rost songs and using an individual approach by reading and listening.

ABSTRAK (INDONESIA)

Taman Pendidikan al-Qur’an(TPQ) adalah lembaga pendidikan non formal yang menjadi tumpuan orang tua dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan memahami al-Qur’an bagi anak-anak. Sama halnya seperti lembaga pendidikan formal, Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) juga harus terjamin kualitasnya. Salah satu hal yang disepelekan dalam pembelajaran diTaman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru TPQ dan metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut dapat mempengaruhi minat anak-anak untuk belajar al-Qur’an. Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan kualitas bagi Guru TPQ serta minat dan daya tarik belajar anak-anak di Desa Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember dalam belajar al-Qur’an, saya beserta peserta dari PKMBR daerah tersebut dan dibantu oleh guru TPQ dan warga sekitar akan mengembangkan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ)  dengan memberi pelatihan yang berkualitas bagi Guru TPQ di desa Cakru dan juga mengembangkan metode tilawati sebagai cara untuk meningkatkan minat dan daya tarik belajaral- Qur’an. Metode Tilawati adalah salah satu inovasi dari metode dalam belajar al-Qur’an. Ciri khasnya yaitu menggunakan lagu rost dan menggunakan pendekatan individual dengan baca simak.

Published
2022-12-15
How to Cite
Ulum, M. B., In’Ratnasari, K., Sa’diyah, R., Muhaimin, S. N. K., Hakim, S. F. L., & Syamsul Arifin, , Z. F. E. W. (2022). Peningkatan Kompetensi dengan Menggunakan Metode Tilawati Bagi Guru TPQ di Desa Cakru. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 66-76. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v1i1.1102
Section
Articles