Tingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Masyarakat Sumber Bendo Melalui Kajian Keagamaan Rutinan

  • Rusmini Rusmini Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Uliyatul Muawanah Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Qurrotul Ainiyah Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Muhaimin Asrori Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Muhammad Masrukhin Ubaidillah Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
Keywords: Islamic religious education, religious quality, regular assembly, religious studies

Abstract

Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap manusia, terlebih pendidikan agama islam. Pendidikan agama merupakan disiplin ilmu yang memberikan wawasan tentang tata hidup dalam perspektif agama islam. Pendidikan agama islam dapat diperoleh dimana saja baik dikeluarga, disekolah maupun dimasyarakat. Pendidikan agama berperan penting bagi manusia sebagai bekal menuju kebahagiaan dunia akhirat. Selain itu, pendidikan agama juga menentukan maju atau mundurnya sebuah masyarakat dari berbagai sisi. Kemunduran sisi keagamaan di dusun Sumber Bendo disebkan oleh warga yang masih memegang budaya leluhur dan minimnya fasilitas keagamaan. Hal ini diperparah dengan hampir tidak adanya teladan dan lulusan pesantren. Kajian keagamaan ini bertujuan untuk mengajak para warga untuk belajar mendalami ilmu agama islam agar pendidikan agama islam semakin meningkat di dusun Sumber bendo. Pelaksanaan pengabdian ini sebagai upaya peningkatan pendidikan agama islam difokuskan kepada para orangtua melalui kajian keagamaan pada acara rutinan malam kamis didusun Sumber Bendo desa Dorogowok. Kajian islam ini sangat efektif sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama di masyarakat dusun Sumber Bendo karena sesuai dengan karakter warganya.

Published
2023-10-29
How to Cite
Rusmini, R., Muawanah, U., Ainiyah, Q., Asrori, M., & Ubaidillah, M. (2023). Tingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Masyarakat Sumber Bendo Melalui Kajian Keagamaan Rutinan. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 82-86. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i1.1429
Section
Articles