Peningkatan Efektivitas Belajar Santri Dengan Bantuan Fasilitas Meja Belajar Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun

  • Putri Aulia Fitriani Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Dovi Iwan Muthofa Habibillah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Muhammad Syarofi Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Nashihul Ibad Elhas Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Imam Bukhori Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Taufiq Qurrohman Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Efektivitas Belajar, Fasilitas Belajar, Meja Belajar

Abstract

Profesionalisme guru sangat ditentukan oleh kemampuannya memanfaatkan sarana dan prasarana pembelajaran, untuk menunjang kelancaran tugas profesinya. Dalam melaksanakan kompetensi pembelajaran, guru dituntut memiliki kemampuan secara metodologis dalam hal perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, terutama penggunaan strategi dan metode pembelajaran. Fasilitas merupakan suatu sarana yang harus tersedia untuk mempermudah kegiatan belajar di sekolah. Sarana adalah segala perangkat peralatan, bahan, dan perabot digunakan untuk proses belajar mengajar di sekolah, seperti gedung, ruang belajar, media belajar, meja, dan kursi. Salah satu isu yang ada di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum yaitu kurangnya dukungan fasilitas belajar di Madrasah Diniyah, seperti pengadaan bangku belajar, kurangnya bahan ajar sesuai kebutuhan bakat dan minat santri serta minimnya akses teknologi pendidikan serta kurang memadainya shariyah madin. Melihat dan mendalami dari kondisi yang ada di lokasi pengabdian, maka mahasiswa pkm-br mengawali kegiatan dengan memberikan inovasi kepada para pengelola Yayasan tersebut tentang pengertian akan pentingnya kegiatan belajar yang efektif terhadap peserta didik. Adapun kegiatan yang dipakai dalam pembelajaran di madin miftahul ulum mahasiswa PkM-BR menggunakan metode ceramah, metode hafalan dan metode, dan yang paling utama mengadakan meja belajar sebagai sarana belajar mengajar yang efektif, Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode EBR (Empowerment-Based Research) dengan menerapkan langkah-langkah ECA-EVARED (Exploration, Create and Action, Evaluation and Dissemination). Pada tahap Exploration, dilakukan identifikasi di lokasi dampingan, bahwa adanya kondisi sarana dan prasarana yang kurang memadai,, seperti pengadaan bangku belajar, kurangnya bahan ajar sesuai kebutuhan bakat dan minat santri serta minimnya akses teknologi pendidikan serta kurang memadainya shariyah madin, melihat kondisi demikian maka dipandang perlu untuk meningkatkan efektifitas belajar melalui sarana dan prasarana, terutama pengadaan bangku belajar, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebutuhan akan sarana seperti meja belajar sangat mendukung efektifitas belajar, dengan bukti adanya semangat siswa untuk belajar dalam kondisi yang nyaman.

Published
2024-05-16
How to Cite
Fitriani, P., Habibillah, D. I., Syarofi, M., Elhas, N., Bukhori, I., & Qurrohman, T. (2024). Peningkatan Efektivitas Belajar Santri Dengan Bantuan Fasilitas Meja Belajar Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 37-47. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1462
Section
Articles