Pemberdayaan Taman Baca untuk Meningkatkan Literasi di Desa Pulo

  • Ach Syaikhu Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Yunita Wulandari Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Pemberdayaan, Fungsi Taman Baca, Literasi

Abstract

Desa Pulo merupakan desa terpencil dengan akses terbatas terhadap bahan bacaan dan pendidikan. Taman baca di desa ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi pusat literasi, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi taman baca sebagai sarana untuk meningkatkan literasi di Desa Pulo melalui metode Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Partisipation Action Research (PAR). Metode PAR dipilih karena melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses penelitian, mulai dari perumusan masalah, perancangan program, pelaksanaan program, hingga evaluasi hasil. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi taman baca di Desa Pulo dan meningkatkan literasi masyarakat desa. Dengan meningkatkan literasi, masyarakat desa akan lebih termotivasi untuk membaca dan menulis, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik. Hal ini akan membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Published
2024-04-30
How to Cite
Syaikhu, A., & Wulandari, Y. (2024). Pemberdayaan Taman Baca untuk Meningkatkan Literasi di Desa Pulo. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 72-77. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1724
Section
Articles