Pemasaran Digital dan Pembuatan Sertifikasi Halal Produk UMKM di Desa Yosowilangun, Lumajang

  • Muhammad Hamdi Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Lailiyatur Rohmah Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
  • Anwar Syaddad Universitas Al Falah As Sunniyah Jember
Keywords: Pemasaran Digital, Sertifikasi Halal, Produk UMKM

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan para pelaku UMKM ini mengenai strategi pengembangan UMKM untuk melakukan labelisasi halal dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini dikarenakan banyaknya produk lokal hasil dari UMKM di Yosowilangun Kidul yang beredar tanpa labelisasi halal dan kurangnya pemahaman para pelaku UMKM tentang hal tersebut. Pencapaian tersebut dilakukan melalui diskusi interaktif dengan melibatkan seluruh peserta. Metode ceramah dilakukan dengan memberikan paparan teoritis tentang pentingnya produk halal dan sertifikasi halal, dan menjelaskan tahapan proses pengurusan sertifikasi produk halal dan memberikan contoh pelaku UMKM yang sudah melaksanakannya. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini memberikan dampak positif kepada pelaku UMKM. yaitu pemahaman arti penting pengurusan sertifikasi halal dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Selain itu, pelaku UMKM juga menjadi paham bagaimana tahapan pengurusan sertifikasi produk halal.

Published
2024-04-30
How to Cite
Hamdi, M., Rohmah, L., & Syaddad, A. (2024). Pemasaran Digital dan Pembuatan Sertifikasi Halal Produk UMKM di Desa Yosowilangun, Lumajang. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 119-125. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1838
Section
Articles