Mewujudkan Pendidikan Berkualitas dengan Meningkatkan SDM Unggul dan Handal dalam upaya mencapai SDGs 2045 di SDN 01 Desa Besuk

  • Aminullah Aminullah Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Ora Gorez Uke Universitas Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember
  • Rista Rokhmania A’yun Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Arum Maulani Universitas Al-Falah As-Sunniyah Kencong Jember
Keywords: Pendidikan berkualitas, SDM Unggul dan Handal, SDGs 2045

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SDN 01 Besuk bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, mendukung tercapainya SDGs 2045. Matematika sering dianggap sulit dan membosankan, menyebabkan siswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan observasi, masalah ini terjadi karena ketidaksiapan guru dalam menyampaikan materi dan kurangnya variasi dalam metode pengajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan metode discovery learning dan model pengajaran langsung. Discovery learning memberi siswa kesempatan untuk menemukan konsep baru melalui eksperimen dan pemecahan masalah mandiri, sehingga mereka lebih memahami materi. Pengabdian ini juga melibatkan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar serta memotivasi siswa dengan reward bagi yang aktif dan punishment bagi yang kurang antusias. Hasil dari kegiatan pengabdian ini mampu meningkatan partisipasi aktif siswa, keberanian dalam memecahkan masalah matematika, dan pemahaman materi yang lebih baik, serta peningkatan kualitas pendidikan di SDN 01 Besuk.

Published
2024-04-30
How to Cite
Aminullah, A., Uke, O., A’yun, R., & Maulani, A. (2024). Mewujudkan Pendidikan Berkualitas dengan Meningkatkan SDM Unggul dan Handal dalam upaya mencapai SDGs 2045 di SDN 01 Desa Besuk. Pandalungan: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 148-150. https://doi.org/10.62097/pandalungan.v2i2.1845
Section
Articles